ASEAN PARA GAMES 2011

ASEAN PARA GAMES 2011

ASEAN PARA GAMES 2011. Indonesia kembali lagi menjadi tuan rumah pesta olahraga tingkat ASEAN. Setelah sebelumnya Indonesia menjadi tuan rumah  SEA Games ke 26 di Palembang dan Jakarta. Pada kali ini Indonesia menjadi tuan rumah ASEAN Para Games (APG).  ASEAN Para Games (APG) ke 6 ini akan berlangsung mulai dari 15-20 Desember 2011, di Solo, Jawa Tengah. Prosesi penyambutan obor ASEAN Para Games 2011 telah dilakukan pada rabu 12 Desember 2011. Pada penyambutan ini terdapat karnaval barik solo. Karnaval batik solo ini turut memeriahkan kedatangan obor ASEAN Para Games. Acara pembukaan pada tanggal 15 Desember 2011, di stadion Manahan, solo, juga sangat meriah seperti pada SEA Games 2011 di Palembang dan Jakarta. Acara pembukaan meriah yang diramaikan oleh tari-tarian dan parade para atlet ASEAN Para Games 2011.


ASEAN Para Games 2011 yang ke 6
ASEAN Para Games (APG) merupakan acara dua tahunan yang diadakan setelah setiap wilayah multisports Southeast Asian Games. Di sini, atlet ditantang orang cacat fisik dengan mobilitas dan visual, diamputasi atau mereka dengan cerebral palsy dari negara-negara anggota ASEAN - Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Timor Leste akan bersaing dalam permainan. Untuk Timor Timur, ini akan menjadi kesempatan pertama untuk negara muda untuk berpartisipasi dalam acara tersebut.

Sekitar 2000 atlet akan ambil bagian dalam kompetisi olahraga khusus, dan dengan penambahan pelatih dan pejabat dari total jumlah peserta diperkirakan pada 3000. Sebagai negara tuan rumah, Indonesia akan mengirim sekitar 200 atlet untuk bersaing. Atlet akan bersaing dalam 11 kategori yang terdiri dari: Atletik, Power Lifting, Renang, Panahan, Tenis Meja, Tenis Kursi Roda, Catur, Bulutangkis, Bola Goal, Bowling, dan Duduk voli, di sekitar 400 kompetisi.

Upacara pembukaan ASEAN Para Games 2011
ASEAN Para Games 2011 dimulai dengan upacara pembukaan, disorot oleh budaya Jawa yang kuat menggambarkan slogan kota: Roh Jawa. Berbasis di Stadion Manahan, terbesar di kota arena olahraga, upacara pembukaan akan diisi dengan nuansa batik tradisional Jawa, dan menampilkan tarian tradisional Jawa dan kontemporer. Ada tari kolosal yang melibatkan 100 penari memakai batik yang secara kolektif mengukur sampai 500 meter dari batik.

Api abadi yang dinyalakan pada ASEAN Para Games 2011 berasal dari Mrapen, Grobogan di Jawa Tengah. Api abadi ini menjadi simbol untuk menjalankan semangat kompetitif dalam olahraga. Seperti pada SEA Games ke 26, Api abadi ASEAN Para Games 2011 akan mengaktifkan kuali yang mewakili semangat sportivitas dan kompetisi yang sehat.