HelloFest 8 Anima Expo

HelloFest 8 Anima Expo
Tahun ini Hellofest kembali digelar untuk ke-8 kalinya. Festival tahunan yang digagas oleh HelloMotion yang merupakan induk usaha dari HelloMotion Academy School of Animation & Creativity ini, hadir dengan nama baru HelloFest 8 Anima Expo dan akan diselenggarakan pada Sabtu, 4 Februari 2012 mendatang. Dengan konten acara utama yaitu Festival Film Pendek (HelloFest Movies), Kompetisi Cosplay (KostuMasa) dan Eksibisi produk-produk Pop Culture (PasarHelloFest), HelloFest 8 Anima Expo tetap bertujuan menjadi wadah kreatif khususnya bagi anak muda untuk berani mengekspresikan diri mereka melalui karya, selain turut mengembangkan budaya pop di Indonesia. Bertempat di gedung Balai Kartini, Jakarta, HelloFest 8 Anima Expo memiliki area yang luas dibanding tahun sebelumnya yaitu Nusa Indah Theatre dan Kartika Expo dan tetap tanpa mengenakan ticket masuk alias gratis dengan jadwal acara dari jam 10.00 – 22.00 WIB.
HelloFest 8 Anima Expo , salah satu finalis film pendek "Gatot Kaca" Jtoku
Pada HelloFest 8 Anima Expo, terdapat kompetisi film pendek. Festival film pendek yang pendaftarannya dibuka selama 2 bulan mendapat respon yang luar biasa yaitu sebanyak 304 karya film terdaftar. Namun, hanya 20 film terbaik sebagai finalis yang akan dipertontonkan di big screen pada main stage yang disaksikan oleh 1000 penonton, sedangkan 80 karya semifinalis diputar pada screen yang terdapat di Balai Kartini. Salah satu finalis terbaik yaitu film pendek yang berjudul Gatot Kaca. Gatot Kaca sendiri dikenal sebagai tokoh pewayangan. Dalam film pendek ini, tokoh Gatot Kaca diangkat sebagai salah satu tokoh super hero. Hal ini cukup menarik karena mengangkat seni ke dalam sebuah film pendek yang tentunya dikemas menarik, sehingga unsur filosofi budaya dan juga kreatif dapat berjalan beriringan. Pada Hellofest 8 Anima Expo, aka dipilih 4 kategori karya film terbaik adalah untuk Best movie, Best Favorite Movie, Best Animation, Best Non Animation. Lima karya terbaik dari kategori animasi juga akan diikutsertakan di ASIAGRAPH – Tokyo dimana penggagas Hellofest, Wahyu Aditya, merupakan salah satu anggota Committee ASIAGRAPH. Peserta KostuMasa tahun ini juga mencapai rekor tertinggi yaitu 1105 peserta. Angka ini kami klaim sebagai rekor costume player (Cosplay) terbanyak di Indonesia. KostuMasa sendiri dapat dijadikan sebagai ajang asah kreatifitas peserta dalam berekspresi dan menciptakan kostum yang unik. Besarnya animo masyarakat menyambut Hellofest 8 di social network (Twitter dan Facebook) serta gencarnya promosi yang dilakukan oleh media partner, membuat panitia menargetkan > 10.000 pengunjung akan memadati area Hellofest 8. Info lebih lanjut silahkan ke tautan hellofest

Hellofest 8 Anima Expo menyediakan kapasitas booth yang lebih banyak, kondisi ini didukung oleh para pelaku industry kreatif di Indonesia yang mulai menjamur. Eksibisi di Pasar Hellofest akan menghadirkan 10.000 produk pop culture diantaranya action figure, komik, street fashion, movie merchandise, sneaker, gadget dan produk kreatif lainnya serta festival makanan.
Hellofest 8 Anima Expo didukung oleh Bank Mandiri sebagai salah satu wujud dari program kerjanya dalam membangun industry kreatif Indonesia. Kerja sama ini memperkaya konten acara yang ada di Hellofest yaitu Lomba Desain Kaos Mandiri yang bertema “Eksotika Indonesia”. Pada minggu kedua setelah pendaftaran dibuka, peserta lomba desain sudah mencapai jumlah > 100 desain hingga pada saat pendaftaran ditutup panitia HelloFest 8 menerima sebanyak 494 desain karya yang masuk.

Dikenal sebagai salah satu lembaga yang ikut mengembangkan seni dan industry ekonomi kreatif di Indonesia, British Council turut mendukung Hellofest 8 dengan mendatangkan Fred Deakin, seorang pakar pop culture ternama dari Inggris. Fred Deakin akan memberikan gambaran umum tentang perkembangan dan inovasi industri pop culture  di sesi sharing education Hellofest 8 serta sebagai juri film pendek HelloFest 8. Di hari sebelumnya, tanggal 3 Februari, Fred Deakin juga akan mengadakan advanced workshop yang akan dihadiri oleh 23 finalis festival film pendek Hellofest 8. (reff: hellofest, nicemicee)