Workshop & Awarding Event Govlog on HIV/AIDS

Workshop & Awarding Event Govlog on HIV/AIDS
 Workshop & Awarding Event Govlog on HIV/AIDS merupakan acara puncak kontes blogging dalam rangka memperingati hari AIDS. Workshop & Awarding Event Govlog on HIV/AIDS di adakan pada hari selasa, desember 20, 2011 di FX Lifestyle X'nter. Pada acara ini diumumkan pemenang kompetisi blog tentang remaja dan HIV/AIDS di VIVAlog (Vlog), platform agregator blog VIVAnews. Kompetisi ini diikuti lebih dari 270 peserta se-Indonesia. Selain acara pengumuman pemenang, juga ada diskusi singkat mengenai penggunaan media sosial sebagai salah satu sara mengkampanyekan/ menginformasikan tentang AIDS yang benar dan tepat. Dan juga terdapat diskusi singkat mengenai Optimalisasi Traffic dan Adsense dalam blog.
Workshop & Awarding Event Govlog on HIV/AIDS
Workshop & Awarding Event Govlog on HIV/AIDS 
Acara Workshop & Awarding Event Govlog on HIV/AIDS merupakan kerjasama antara VIVAnews.com dan lembaga program bantuan pemerintah Australia (AusAID). Kompetisi blogging ini dalam rangka menyambut hari AIDS sedunia pada tanggal 1 Desember. Para blogger Indonesia diundang untuk ikut serta dalam kompetisi blogging ini. Kompetisi blogging ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran terhadap pencegahan dan pengobatan HIV/AIDS. Para finalis yang terpilih diberangkatkan ke Bali untuk mengunjungi tempat-tempat yang membantu menanggulagi HIV/AIDS, kata Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia, Paul Robiliard. Selama di Bali para finalis mendapatkan pengalaman baru,  yaitu mengunjungi langsung ke lapangan dan berinteraksi langsung dengan kelompok dukungan sebaya. Dalam kunjungan ke Bali, para finalis juga mengunjungi program Pemerintah Australia untuk mereka yang hidup dengan HIV. Berdasarkan kunjungan inilah para finalis kompetisi blogging Govlog membuat tulisan yang menceritakan pengalaman dan pendapat mereka ke dalam sebuah blog. Pada tingkat Asia, Indonesia menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan HIV/AIDS teritinggi. Relevansinya dengan kompetisi blogging ini adalah untuk membantu menciptakan kesadaran dan meningkatkan kesadaran terhadapa penyakit HIV/AIDS. Sosial media digunakan sebagai salah satu sarana menginformasikan HIV/AIDS. Pada acara Awarding Event Govlog on HIV/AIDS, Paul Robiliard mengumumkan tiga pemenang utama, di antaranya adalah juara pertama, Lingga Tri Utama, yang menulis artikel "Melawan Mitos HIV dan AIDS". Juara kedua diraih Zulvina Naridha Anom dengan artikel berjudul "Mereka Berjuang Mencegah HIV dan AIDS, Kita Pun Juga". Juara ketiga, Siswanto, yang menulis "Yang Tak Kenal Menyerah Perangi HIV". Acara ini juga dihadiri oleh para pembicara yang sudah ahli di bidangnya masing-masing. Para pembicara ini membahas mengenai fungsi blog dan sosial media, seperti Facebook dan Twitter, dll. Penggunaan sosial media merupakan salah satu sarana yang tepat pada saat ini untuk membantu penyebaran informasi. Karena sosial media ini sering di akses oleh para remaja. Dalam hal ini remaja meurpakan sasaran dalam penyebaran informasi mengenai HIV/AIDS yang benar. Penulis Djenar Maesa Ayu, tokoh blogger Enda Nasution, Kheista Leonie Christianti dari Rumah Cemara, dan Weinita sebagai Asisten Deputi Perencanaan Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN), menjadi pembicara dalam acara ini.
Workshop & Awarding Event Govlog on HIV/AIDS
 Workshop optiomalisasi traffik dan Adsense
Pada sesi acara Workshop tedapat diskusi singkat mengenai Optimalisasi Traffic dan Adsense dalam blog. Sesi acara Workshop dihadiri oleh moderator  Ady Pangerang, Direktur IT VIVAnews.com; Agus, blogger dan praktisi Adsense; Hengky Prihatna, Country Consultant Google, dan Niken Sasmaya, OPG Account Manager Google untuk Indonesia. Acara ini merupakan bagian dari Workshop & Awarding Event Govlog on HIV/AIDS. Hengky Prihatna, Country Consultant Google berbicara mengenai monetize blog sebagai salah satu pilihan bagi para publisher/ blogger. Sedangkan Niken Sasmaya, OPG Account Manager Google untuk Indonesia membahasa mengenai google adsense dan bagaimana secara umum membuat situs yang baik. dan pembicara yang terakhir,  Agus, blogger dan praktisi Adsense, membicarakan mengenai SEO ( Optimasi Mesin Pencari ).




Workshop & Awarding Event Govlog on HIV/AIDS
Secara keseluruhan acara Workshop & Awarding Event Govlog on HIV/AIDS cukup menarik. Kompetisi blogging yang di adakan memberikan masukan baik, khususnya bagi para remaja, mengenai informasi HIV/AIDS. Melalui Workshop & Awarding Event Govlog on HIV/AIDS dapat dijadikan salah satu strategi dan sarana dalam menginformasikan HIV/AIDS. Hal yang di maksud menginformasikan HIV/AIDS dalam Workshop & Awarding Event Govlog on HIV/AIDS adalah penggunaan dan memanfaatkan sosial media yang ada. Melalui jaringan sosial media yang luas dan masiv maka informasi akan lebih cepat tersebar. Dan dapat disebutkan remaja merupakan pengguna sosial media terbanyak, hal ini sejalan dengan sasaran informasi mengenai HIV/AIDS, yaitu remaja.
Workshop & Awarding Event Govlog on HIV/AIDS
 (reff: nicemicee, vivanews.com, AusAID)