Festival Mardi Gras 2012 : Persiapan Menuju Final

Festival Mardi Gras 2012 : Persiapan Menuju Final (voa photo.S. Hennessy)
Pernah dengar Festival Mardi Grass? .. Mardi Gras adalah pesta karnaval untuk menyambut masa pra-paskah yang dirayakan umat Kristen. Dimulai dari minggu sebelum Rabu Abu sampai hari Rabu Abu sendiri. Mardi Gras dirayakan di beberapa tempat di Eropa, Amerika Serikat, Amerika Selatan dan Karibia. Kota penyelenggara yang terkenal ialah Louisiana (AS), New Orleans, Rio de Janeiro (Brasil) dan Venesia (Italia). Di New Orleans pesta Mardi Gras atau yang lebih dikenal dengan Festival Mardi Gras sangat ramai dihadiri oleh para pengunjung. Festival Mardi Grass ini akan mewarnai jalan-jalan yang dilewati oleh rangkai karna parade melewati rute yang sudah ditentukan di kota itu. Para seniman dan pekerja yang bertugas membuat kendaraan hias untuk festival mardi gras bekerja dalam satu kelompok. Kelompok tersebut dinamakan "krewes". Festival Mardi Gras ini berlangsung selama beberapa hari, untuk tahun 2012 ini, festival mardi Gras direncanakan pada tanggal, 21 Febuari 2012.

Makna Mardi Gras Festival
Mardi Gras 2012 jatuh pada hari Selasa, tanggal 21 Februari. Mardi Gras, "Fat Selasa", adalah hari terakhir musim Karnaval karena selalu jatuh sehari sebelum Rabu Abu, hari pertama puasa. Sebagian besar pengunjung akan berencana untuk datang paling lambat Sabtu, 18 Februari, 2012 dalam rangka untuk menikmati akhir pekan perayaan diperpanjang. Mardi Gras sendiri memiliki arti yang di ambil dari bahasa Perancis yaitu Mardi “Selasa Gemuk” , menandai hari terakhir pesta pora sebelum masa puasa menjelang Paskah, periode 40 hari sebelum umat Kristen merayakan Paskah.

Persiapan Festival Mardi Gras
Waktu untuk mempersiapkan Festival Mardi Gras ini cukup lama , karena  agar benar-benar tampil sempurna pada saat parade. Secara keseluruhan Parade Mardi Grass ini di persiapkan  kurang lebih setahun. Namun untuk pengerjaannya dimulai pada bulan september 2011. Tahap pengerjaan untuk parade Mardi Gras ini dimulai dari mencari ide kreatif dan menuangkannya dalam sebuah konsep. Setelah konsep terbentuk, barulah para pekerja dan seniman siap membuat dan merangkai kendaraan hias. Kendaran hias ini yang akan mewarnai parade Mardi Gras. Selain kendaraan hias yang akan meramaikan parade Mardi Gras,  terdapat pula kostum-kostum yang beragam dan unik. Festival Mardi Gras ini menjadi salah satu daya tarik wisata. dan festival Mardi Gras ini selalu dinantikan, baik itu oleh warga lokal maupun wisatawan. Para wisatawan dan masyarakat setempat selalu menantikan parade mobil hias.  Mobil Hias ini akan melewati rute yang telah ditentukan sebelumnya. Kendaraan hias di parade Mardi Gras inilah yang menjadi daya tarik utama bagi wisawatan dan masyarakat setempat. Maka tidaklah heran jika para seniman dan pekerja, bekerja dengan sungguh-sungguh sejak dari tahap penentuan ide, membuat konsep hingga pada tahap pengerjaannya. Tampaknya festival Mardi Gras tahun ini akan menjadi semakin meriah dan memberikan kesan tersendiri. Karena setiap tahun diselenggarakannya festival Mardi Gras selalu menampilkan sesuatu berbeda. Disamping makna festival Mardi Gras itu sendiri, keunikan dan kemeriahan merupakan hal yang dinantikan oleh pengunjung Mardi Gras.( reff:nicemicee,voaindonesia,wikipedia,mardigrasneworleans)